sebentar lagi kita akan menghadapi Ujian Akhir Tahun atau bisa disebut sebagai Ujian Akhir Semester, oleh karena itu sudahkak ada kesiapan dari para pelajar untuk meghadapi ujian yang nantinya akan ditempuh? maka dari itu perlu kiranya penguasaan materi untuk medapatkan nilai yang memuaskan. oleh sebab itu dibawah ini disajikan beberapa contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk memudahkan para pelajar dalam menginggat materi-materi yang sudah didapatkan dan diperoleh dari para Pendidik di Sekolah.
A. Pilihlah
salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (x) pada
huruf a, b, c atau d!
1.
Langkah
pertama dalam metode ilmiah, yaitu ...
a. menentukan hipotesis
b. observasi
c. merumuskan masalah
d. pengamatan
a. menentukan hipotesis
b. observasi
c. merumuskan masalah
d. pengamatan
2. Alat yang digunakan untuk melihat dengan jelas
benda-benda yang letaknya jauh adalah ....
a.
lup
b.
mikroskop
c.
kamera
d.
teropong
3.
Data
yang diperoleh dengan menggunakan alat indra, tanpa menggunakan alat ukur dan
tidak dapat dinyatakan dengan angka disebut data ....
a.
sekunder
b.
kuantitatif
c.
kualitatif
d.
primer
4.
Menyusun
dugaan-dugaan yang bersifat ilmiah berdasarkan bukti-bukti dan fakta-fakta yang
ada disebut ....
a.
absorvasi
b.
penelitian
c.
hipotesis
d.
kesimpulan
5.
Setelah
melakukan hipotesis, maka kebenaran hipotesis harus dibuktikan melalui
serangkaian ....
a.
absorvasi
b.
penelitian
c.
hipotesis
d.
kesimpulan
6.
Tempat
yang berfungsi untuk melakukan penelitian yang bersifat ilmiah disebut ....
a.laboratorium
b.perpustakaan
c. rumah
kaca
d. kaburator
7. Sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang
pengamat, yaitu tidak putus asa dan selalu berusaha untuk mencari kebenaran
walaupun sering tidak memperoleh apa-apa disebut ....
a.
optimis
b.
ulet
c.
teliti
d.
jujur
8.
Pengukuran
suhu lingkungan dengan menggunakan termometer pada suatu percobaan merupakan
pengamatan ....
a.
kuantitatif
b.
kualitatif
c.
fisika
d.
kimia
9.
Mengukur
volume zat cair menggunakan gelas ukur tergolong pengamatan ....
a.
kuantitatif
b.
kualitatif
c.
pengukuran
d.
penimbangan
10. Pernyataan yang
merangkum apa yang sudah dilakukan selama kegiatan penelitian disebut ....
a.
absorvasi
b.
eksperimen
c.
hipotesis
d.
kesimpulan
11. Bagian mikroskop yang
berfungsi untuk menyangga mikroskop disebut ....
a.
revolver
b.
sendi inklinasi
c.
kondensor
d.
kaki mikroskop
12. Syarat benda dapat diamati dengan mikroskop cahaya,
yaitu benda harus ....
a. tebal dan transparan
b. tipis dan transparan
c. halus dan tebal
d. licin dan tipis
13. Bagian mikroskop yang
berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya
sinar yang dipantulkan cermin menuju ke mata ....
a. kondensor
b. revolver
c. makrometer
d. diafragma
14. Menyayati benda yang akan dibuat preparat menggunakan ....
a. pipet tetes
b. silet
c. gelas benda
d. pewarna
15. Berikut merupakan bahan-bahan kimia yang bersifat
korosif adalah ....
a. uranium
b. plutonium
c. asam sulfat
d. merkuri
16. Bahan-bahan yang dapat memancarkan radiasi sehingga
mengakibatkan efek racun dalam waktu singkat atau lama disebut ....
a. radioaktif
b. iritasi
c. korosif
d. toksin
17. Lensa yang berfungsi untuk memperbesar bayangan objek, terletak pada
revolver, yaitu ....
a. cembung
b. prisma
c. okuler
d. obyektif
18. Bahan-bahan kimia berikut yang bersifat
radioaktif adalah ....
a. aseton
b. plutonium
c. asam sulfat
d. merkuri
19. Zat pewarna pada
pembuatan preparat berfungsi untuk ....
a.
memudahkan dalam pengamatan
b. menutup benda yang diletakkan pada gelas benda.
c. meletakkan objek gelas yang akan diamati
d. menyayat benda yang akan diamati.
20. Perhatikan simbol
kimia dibawah ini!
Simbol kimia tersebut menunjukkan bahwa zat kimia tersebut bersifat .....
Simbol kimia tersebut menunjukkan bahwa zat kimia tersebut bersifat .....
a.korosif
b.radioaktif
c.beracun
d.mudah meledak
21. Budi pergi ke sekolah naik sepeda. Jarak dari
rumah ke sekolah 1,8 km dan kecepatan sepedanya konstan sebesar 3 m/s. Jika
masuk sekolah jam 07.00, paling lambat Budi harus berangkat ke sekolah pukul ….
a.
06.54
b.
06.45
c. 06.30
d. 06.50
22. Sebuah benda mula-mula diam kemudian dipercepat 3 m/s2.
Setelah 5 detik kecepatannya menjadi … m/s.
a. 0,6
b.
1,67
c. 2
d. 15
23. Grafik hubungan antara jarak terhadap waktu pada
gerak lurus beraturan adalah .…
24. Sebuah benda mula-mula diam kemudian dipercepat 12 m/s2.
Setelah 10 detik kecepatannya menjadi … m/s.
a.
120
b.
60
c. 2
d. 15
25. Benda mula-mula diam, kemudian dipercepat 0,4 m/s2.
Jarak yang ditempuh benda selama 2 sekon adalah ... m.
a. 0,4
b. 0,8
c. 0,16
d. 1,8
26. Sebuah kelereng bergerak dari keadaan diam.
Setelah 8 sekon kecepatannya menjadi 9,6 m/s. Percepatan kelereng sebesar … m/s2.
a. 76
b. 7,7
c 12
d. 1,2
27. Sebuah mobil berjalan 20 m/s direm hingga berhenti
dalam waktu 4 detik. Jarak yang ditempuh selama pengereman adalah … m.
a. 5
b. 20
c. 40
d. 80
28. Grafik hubungan antara kecepatan v dan waktu
t pada gerak lurus diperlambat beraturan adalah ….
29.
Proses pengaturan keserasian di dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan
hormon disebut ....
a. respirasi
b. regulasi
c. adaptasi
d. iritabilita
30. Perubahan ukuran tubuh akibat bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang
irreversible disebut ....
a. pertumbuhan
b. perkembangan
c. generatif
d. vegetative
31. Makhluk hidup yang
tidak emiliki membrane inti disebut ....
a. eukariotik
b. prokariotik
c. uniselluler
d multiselluler
32. Sekelompok sel yang
memiliki sifat, bentuk, dan fungsi yang sama disebut ….
a. jaringan
b. organ
c. sistem organ
d. organisme
33. Sel-sel yang masih
sangat aktif membelah membentuk jaringan ….
a. epidermis
b. parenkim
c. pengangkut
d. meristem
34. Jaringan tumbuhan yang
berfungsi untuk menyimpan bahan makanan cadangan adalah ....
a.
epidermis
b.
parenkim
c.
floem
d.
xylem
35. Pengangkutan hasil
fotosintesis menuju ke seluruh bagian tubuh tumbuhan dilakukan oleh jaringan ….
a. meristem
b. parenkim
c. floem
d. xylem
36. Organ pokok pada
tumbuhan meliputi ….
a. akar, batang, daun
b. batang, daun, bunga
c.
batang, bunga, buah
d.
daun, bunga, buah
37. Interaksi antara
kesatuan berbagai komunitas dengan lingkungan disebut ....
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
38. Bakteri saprofit
merupakan organisme yang dapat mengubah senyawa organik menjadi senyawa
anorganik. Kedudukan bakteri tersebut sebagai komponen ....
a. produsen
b. konsumen
c. dekomposer
d. predator
39. Berikut ini yabg bukan
termasuk jenis-jenis simbiosis, yaitu
....
a. mutualisme
b. parasitisme
c. komensalisme
d. netral
40. Gabungan sekelompok
kuda, sekelompok singa dan sekelompok rusa di padang rumput, membentuk ....
a. ekosistem
b. komunitas
c populasi