Kelainan dan Gangguan Alat Gerak Aktif


Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Gerak

Seperti yang sudah kita bahas di pembahasan yang lalu, bahwa kelainan alat gerak dapat mempengerahu ualitas kinerja tubuh, pada ulasan yang lalu kita telah membahas tentang kelainan dan gangguan pada alat gerak pasif. Kita tahu bahwa anggota tubuh manusai dapat digerakkan karenan dua komponen penting yaitu rangka dan otot yang sering disebut dengan istilah alat gerak pasif dan alat gerak aktif. 
Oleh karena itu atal-alat gerak ini merupakan sesuatu yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh, karena dengan adanya alat gerak tersebut manusia dapat bergerak. Nah,, bagaimana jika alat –alat gerak tersebut mengalami gangguan atau kelainan? Untuk memperjelasx kelainan atau gangguan tersebut maka langsung saja kita bahas dengan materi dibawah ini.

Kelainan dan Gangguan Alat Gerak Aktif

Beberapa kelainan dan gangguan alat gerak aktif yaitu sebagai berikut :

1. Atrofi
Atrofi adalah mengecilnya ukuran otot karena otot tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Penderita polio biasanya salah satu kakinya mempunyai otot yang mengalami atrofi. Kondisi tersebut terjadi karena virus polio merusak saraf koordinasi otot yang menuju ke anggota gerak bawah.

2. Tetanus
Tetanus adalah penyakit infeksi oleh bakteri Clostiridium tetani yang mengakibatkan oto kejang. Diawalai otot rahang, lalu disusul oleh otot dada dan anggota tubuh yang lain. Tetanus sering menimbulkan kematian karena penderita mengalami kesulitan bernapas.

3. Kaku leher (stiff) yaitu otot leher meradang yang terjadi karena gerak hentakan.

4. Kram yaitu otot kejang yang terjadi karena aktivitas otot yang terus-menerus, kekeurangan cairan elektrolit, atau tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

5. Hernia abdominal adalah sobekan dinding otot perut sehingga usus melorot kebawah.

6. Polio merupakan penyakit lumpuh yang disebaabkan oleh virus, virus polio menyerang saraf dan otot, mulai dari leher ke bagian bawah tubuh.

Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Gerak Pada Manusia

Kamu telah mengetahui mengenai gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia baik pada rangka (tulang), persendian, dan otot. 
Oleh karena itu, diperlukan upaya tertentu untuk mengantisipasi agar tidak mengalami gangguan-gangguan tersebut. Bebrapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem dapat dijelaskan sebagai berikut :

a. Berjemur dibawah sinar matahari pada pagi hari. Upaya tersebut dikarenakan karena sinar matahari pada pagi hari sangat baik untuk membantu pembentukan Vitamin D. Vitamin D merupakan kandungan uang sangat penting dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

b. Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung banyak kasium. Makanan yang mengandung banyak kalsium diantaranya seperti susu, kubis, brokoli, dan ikan salmon.

c. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung Vitamin D. Makanan yang mengandung Vitamin D diantaranya yaitu seperti telur, susu, dan minyak ikan.

d. Menghindari kebiasaan duduk yang salah. Sebaiknya duduk dengan cara yang benar, misalnya duduk dengan tulang belakang dalam posisi tegak (tidak membungkuk).

e. Melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas olahraga dapat berguna untuk meningkatkan kecepatan penyerapan kalsium.

f. Memperhatian aktifitas fisik yang cukup setiap harinya. Aktifitas fisik yang cukup dalam setiap hari dapat membantu terbentuknya tulang yang kuat dan memperlambat proses kerapuan atau pengeroposan tulang pada tubuh.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelainan dan gangguan alat gerak aktif dan beberapa upaya menjaga kesehatan sistem gerak pada manusia, mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan wawasan kita semua, oleh karena itu betapa pentingnya kita menjaga kesehatan sistem gerak, karena dengan menjaga kesehatan sudah pasti tentunya tubuh kita akan menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang diakibatkan oleh bebebrapa faktor, baik itu yang disebabkan oleh virud maupun bakteri.

Melakukan aktifitas fisik setiap hari secara rutin walaupun hanya 30 menit akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan nyaman, apalagi dibarengi dengan berjemur dibawah sinar matahari dipagi hari, tubuh akan mendapatkan sumber vitamin yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Nah ,, semoga ulasan singkat diatas tersebut dapat meningkatkan kualitas pengetahuan kitas semua. aminn

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post