Ciri Ciri Benda Tak Hidup

Benda Tak Hidup

Seperti ulasan yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa makhluk hidup memiliki beberapa cicri-ciri untuk melangsungkan kehidupannya, jadi begitu juga kepada benda mati atau yang tak hidup pasti memiliki beberapa perbedaan.
jadi benda tak hidup merupakan suatu substansi yang tidak menjalankan proses kehidupan. Ciri-ciri benda tak hidup tentunya berlawanan dengan ciri-ciri makhluk hidup seperti yang telah dikemukakan sebelumnya.

Ciri-ciri benda tak hidup, diantaranya sebagai berikut :
1. Tidak Dapat Bergerak
Benda tak hidup tidak dapt bergerak, kecuali jika ada pengaruh dari luar. Contohnya seperti batu yang bergerak karena didorong atau dilempar.

2. Tidak Mengadakan Metabolisme
Benda atak hidup tidak memerlukan nutrisi serta tidak memerlukan kegiatan respirasi, sintesis, dan ekskresi.

3. Tidak Memerlukan Reproduksi
Benda tak hidup tidak melakukan usaha untuk mempertahankan keberadaanya (eksistensinya). Jadi, benda mati tidak melakukan kegiatan regulasi, reproduksi, adaptasi, dan evolusi.

4. Tidak Ada Tanggapan Terhadap Rangsang
Jadi benda tak hidup tidak mempunyai atau tidak memiliki tanggapan terhadap rangsang yang diterimanya. Jadi, benda tak hidup akan diam saja, meskipun mendapat rangsang bertubi-tubi dari luar.

Nah, dengan memahai ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup seperti yang telah diuraikan diatas, kita dapat mebedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup dengan mudah.
 Kita dapat menyebut bahwa batu adalah benda tak hidup, sedangkan kucing adalah makhluk hidup. Mengapa kita dapat menyatakn bahwa batu adalah benda tak hidup dan kucing adalah makhluk hidup? Hal ini tentu berdasarkan ciri-ciri yang dapat digunakan untuk membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup.

Baca Juga......

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post