Anatomi dan Fisiologi Manusia

anatomi dan fisiologi manusia


Sebelum kita membahas tentang Anatomi dan Fisiologi manusia, perlu kita pahami dulu tentang pengertian dari anatomi itu sendiri. Anatomi tubuh manusia adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari atau membahas tentang struktur tubuh manusia.
Anatomi tubuh yang terdapat pada manusia tersusun dari berbagai sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Sistem organ merupakan bagian-bagian  yang akan menyusun tubuh manusia. Suatu sistem ini terdiri dari berbagai macam jenis organ, yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus.
Maka dari itu sistem organ ini memiliki struktur dan fungsi yang khas. Dari masing-masing sistem organ saling tergantung satu sama lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.
baik, langsung saja ke pembahasan materi.


ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA

1. Tinjauan Anatomi Struktur Tubuh

kata anatomi berasal dari bahasa Yunani ana dan tome, yang berarti memotong atau memeisahkan,   sehingga lebih kompleks didefinisikan sebagai ilmu mengenai struktur tubuh.

subdivisi anatomi secara general dibagi menjadi:

anatomi maskroskopik, yaitu ilmu yang membahas tentang struktur tubuh yang dipelajari melalui observasi atau     pembedahan tanpa menggunakan mikroskop.

anatomi sistemik, yaitu ilmu yang mempelajari sistem organ tubuh satu-persatu.
anatomi miskroskopik (histologik), yaitu ilmu mengenai struktur tubuh yang dipelajari melalui observasi dengan menggunakan mikroskop cahaya (perbesaran 1.000 sampai 2.000 kali). organ tubuh yang dapat dilihat melalui cara ini misalnya sel, jaringan dan organ tubuh yang lain.

anatomi ultraskopik, yaitu ilmu yang mempelajari ultrastruktur sel dengan menggunakan microskop elektron (perbesaran lebih dari 1.000.000 kali).

anatomi radiografi, (radiologi), adalah ilmu mengenai struktur tubuh dengan menggunakan sinar X atau teknik penyinaran lain.

 2.  Tinjauan Fisiologi Struktur Tubuh

       ilmu mengenai fungsi dari tubuh yang hidup. ilmu mengenai fisiologis didasarkan pada fungsi seluler dan molekuler dan untuk mempelajarinya diperlukan pengetahuan mengenai prinsip dasar kimia dan fisika. bidang khusus mengenai fungsi sistem organ tertentu misalnya neurofisiologi, kardiofisiologi, dan lain-lain.

3. Tingkat Struktural Organisasi Tubuh
baca juga : biologi sel
tingkat kimia, atom seperti hydrogen, oksigen,karbon, nitrogen, dan natrium, yang bergabung membentuk molekul seperti air dan garam serta makromolekul seperti karbohidrat, protein dan lemak.

sel, merupakan unit dasar dari makhluk hidup dan struktur seluler seperti nucleus, ribosom, mitochondria, dan lisosom, menjalankan fungsi-fungsi pertahanan hidup sel.

jaringan, yaitu sekelompokn sel dengan struktur yang sama dan melalukan fungsi yang sama, ada empat jenis pilihan dasar adalah jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan syaraf.
oregan, adalah dua jaringan atau lebih yang bergabung membentuk suatu organ seperti perut, ginjal, mata dan lainnya. berfungsi sebagai pusat fisiologi khusus untuk aktivitas tubuh.

sistem organ, merupakan kumpulan beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi yang saling berkaitan. sistem orga dalam tubuh meliputi integumen, rangka muskuler, syaraf, endokrin, kardiovaskuler, limfatik, pernapasan, pencernaan perkemihan dan sistem reproduksi.

4. Bidang Struktural Tubuh

terminologi dan arah mengenai posisi dan arah anatomi tubuh antara lain adalah bidang auto seksio, dan posisi anatomis.
jenis-jenis bahan kia rumah tangga
reaksi hidrolisis
a. bidang (seksio) tubuh

bidang tubuh merupakan bidang imajiner yang menembus tubuh untuk menunjukkan point-point rujukan. bidang ini terdiri dari:

bidang sagital, yaitu bidang yang membagi tubuh menjadi bagin kiri dan kanan.
bidang frontal atau koronal, yaitu bidang yang memebagi tubuh menjadi dua bagian depan dan belakang. bidang transfersal, yaitu bidang yang membagi tubuh menjadi bagian atas dan bawah.

 b.  posisi anatomis tubuh

posisi anatomis tubuh digunakan sebagai rujukan agar hubungan dngan seluruh bagian tubuh dapat dijelaskan, posisi ini antara lain adalah:

bagian anterior dari tubuh, adalah bagian depan tubuh atau bagian perut (hidung merupakan bagian anterior keseluruh bagian wajah).

bagian posterior, merupakan suatu bagian belakang tubuh (bokong yang merupakan bagian posterior dari abdomen).
bagian superior, adalah bagian tubuh yang mengarah kebagian yang tinggi (kepala merupakan bagian superior dari leher).

bagian inferior, adalah bagian dari tubuh yang menjauhi kepala dan mengarah kebagian bawah tubuh (dada merupakan bagian inferior dari leher).
bagian medial, adalah bagian dari struktur tubuh yang terdekat dengan garis imajiner tubuh (hidung merupakan bagian medial dari mata).

lateral, mengarah kesamping, menjauhi garis tengah imajiner tubuh (telinga merupakan bagian lateral dari mata).

proksimal, merupakan pengacu pada bagian suatu struktur yang mendekati garis tengah tubuh, atau jika mengacu pada satu tungkai, maka mendekati titik asal atau titik perlekatan terdekat dengan trunkus (siku adalah bagian proksimal dari pergelangan tanggan).

bagian distal, letaknya yang berada paling jauh dari garis tengah imajiner atau menjauh dari titik asal atau titik perlekatan dengan trunkus (kaki yang merupakan bagian dari pegelangan kaki).

superfisial, setiap bagian manapun yang dekat dengan permukaan tubuh (kulit merupakan bagian superfisial dari otot).

(usus halus yang letaknya jauh lebih kedalam tubuh dari otot-otot dan kulit abdominal.
sistem kulit
toilet pengompos
5. Rongga Tubuh

ruang bagian dalam aksial tubuh yang berisi suatu organ -organ atau visera internal. ada dua jenis rongga utama yang terdapat dalam bagian aksial tubuh yaitu rongga dorsal dana rongga ventral

a. rongga tubuh dorsal, terletak dibagian posterior (dorsal) dan terbagi menjadi rongga kranial dan rongga spinal.

rongga kranial, dikelilingi oleh tulang dan berisi otak
rongga spinal, (vertebral) terbentuk dari susunan tulang belakang serta  berisi medulla spinal

b. rongga tubuh ventral, terletak pada bagian interior (secara ventral) terbagi menjadi rongga thoraks dan rongga abdomen yang dipisahkan diafragma.

rongga thoraks, adalah rongga dada yang terbagi menjadi rongga pleural dan kiri, serta mendiastrum.
rongga abdominopelvis, (peritoneal), berisi visera abdomen dan bidang pelvis.

rongga kecil tambahan bagian kepala yang meliputi rongga oral, rongga nasal, rongga telinga tengah dan rongga orbital untuk mata.

6. Regio Abdomen Pelvis

Bagian ini terdapat sembilan ragio yang digunakan didalam ilmu anatomi yang bertujuan untuk memfasilitasi rujukan struktur tubuh dan organ-organ internal lain.

Regio tersebut adalah antara lain:

regio umbilikal, yang terletak pada pust abdomen.
regio epigastrum,berada dibagian superior dari ragio umbilikus.
regio hipogastrium, berada dibagian inferior regio umbilikus.
regio hipokondrium, kanan dan kiri yang berposisi lateral terhadap regia epigastrium.
regio lumbal kanan dan kiri, yang terletak lateral terhadap regia umbilikus.
regia inguinalis, (iliaka) kanan dan kiri yang terletak lateral dari regio hipogastrium.


Nah, demikianlah ulasan singkat tentang materi anatomi dan fisiologi pada manusia semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua sehingga apa yang kita baca dapat bermanfaat bagi kita dan mudah-mudahan pengetahuan kita dapat semakin meningkat sehingga kita bisa memahami hal-hal yang belum kita ketahui, dan semoga membawa keberkahan bagi kita semua amin.

lihat :
Soal Penilaian Akhir (PAT)  Kelas 7 
Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 8
Contoh Soal Latihan Ujian Nasional IPA SMP/MTS
Soal Ujian Nasional IPA SMP dan Pembahasannya
SOAL ULANGAN HARIAN MATERI BIOTEKNOLOGI 
Soal Klasifikasi Makhluk Hidup IPA SMP Kelas 7 Kurikulum 2013



Post a Comment (0)
Previous Post Next Post