Kesehatan Organ Reproduksi Pada Wanita Power Point 2019

Kesehatan Organ Reproduksi Pada Wanita

Menjaga kesehatan organ reproduksi sangat penting karena kesehatan organ reproduksi menentukan mutu generasi penerus atau keturunan. Organ reproduksi yang tidak sehat akan menghasilkan keturunan yang tidak sehat pula, demikian pula sebaliknya.

Organ reproduksi pada wanita terdiri dari vagina, klitoris, serviks atau mulut rahim, rahim, tuba falopi, dan ovarium atau indung telur. Organ reproduksi wanita ini sangat berperan penting dalam hubungan seksual, produksi dan perkembangan sel telur, menstruasi, kehamilan, hingga proses persalinan.

Maka dari itu untuk menjaga kesehatan tubuh kita tentunya menjadi hal yang sudah dipelajari sejak dini. Dalam hal-hal menjaga kesehatan pada organ reproduksi, usia remaja adalah usia di mana untuk cara menjaga organ reproduksi harus benar-benar dipelajari lebih dalam lagi.

Pasalnya pada usia remaja merupakan usia transisi di mana seseorang sudah mengalami pubertas dan mengalami berbagai perubahan pada sistem reproduksinya yang sudah mulai berfungsi. Pubertas pada usia remaja perempuan ditandai dengan ciri menstruasi pertama, sedangkan pada remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah atau keluarnya sperma.

Dilansir dari laman resmi Kementrian Kesehatan RI, kesehatan pada organ reproduksi meliputi fungsi, proses, dan sistem reproduksi. Namun demikian kesehatan pada reproduksi ini bukan hanya dinilai dari kesehatan fisik saja, melainkan juga kesehatan mental dan juga sosial.

Maka dari itu Sudah seharusnya para remaja dibekali dengan informasi seputar kesehatan reproduksi dan berbagai faktor yang mungkin akan memengaruhi sistem reproduksi. Tujuan dari  pengenalan ini adalah agar para remaja tidak melakukan hal-hal yang berisiko memberikan efek yang negatif terhadap kesehatan organ reproduksinya.

Menurut Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan RI, pengetahuan dasar reproduksi yang benar-benar harus diketahui oleh remaja yaitu meliputi:

Pengenalan mengenai proses, fungsi dan sistem dari alat reproduksi.
Pengetahuan tentang bahayanya HIV/AIDS dan berbagai penyakit menular seksual lainnya dan dapat brisikonya terhadap kesehatan organ reproduksi.
Mengetahui dan menghindari kekerasan seksual.
Pemahaman tentang pengaruh dari media dan sosial terhadap berbagai aktivitas seksual.
Pengembangan kemampuan komunikasi, terutama dalam pembentukan kepercayaan diri. Yang bertujuan untuk menghindari dari perilaku berisiko.

nah,, dari penjelasan diatas dapat kita pahami bahawa kesehatan reproduksi harus di jaga dengan baik dan di perhatikan sejak dini, harus ada pengetahuan dan wawasan untuk mengetahui betapa pentingnya menjaga organ reproduksi. untuk memahami dan mengetahui betapa pentingya kebersihan pada organ tersebut, di bawah ini di sajikan ling untuk mendownload kesehatan organ reproduksi pada wanita dalam bentuk file power poin. 
demikian ulasan singkat mengenai kesehatan reproduksi semoga dapat bermanfaat bagi kita dan dapat menambah pengetahuan kita semua. amin




Post a Comment (0)
Previous Post Next Post